[InformASI: Jika Terinfeksi Virus Corona, Apakah Tetap Menyusui?]
.
Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa Indonesia positif memiliki pasien terinfeksi virus Corona. Bagaimana jika ibu menyusui terinfeksi virus tersebut, apakah harus tetap menyusui? Berikut adalah panduan singkat berdasarkan informasi dari UNICEF.
.
Semua ibu yang terdampak dan berada di wilayah berisiko serta menunjukkan gejala demam, batuk atau kesulitan bernapas, harus segera mencari bantuan medis dan mengikuti petunjuk dari petugas kesehatan.
.
Karena pertimbangan bahwa menyusui dan ASI tidak memiliki peran signifikan dalam penyebaran virus pernapasan lain, maka ibu dapat terus melanjutkan menyusui, sambil melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan.
.
Untuk ibu yang memiliki gejala tapi masih bisa menyusui, tindakan pencegahan yang dimaksud adalah memakai masker ketika berada di sekitar anak (termasuk ketika sedang menyusui), mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan anak (termasuk menyusui), dan membersihkan/memberi desinfektan pada permukaan yang terkontaminasi – sebagaimana seharusnya dilakukan untuk tiap kali seseorang yang telah dikonfirmasi atau dicurigai terkena COVID-19 berinteraksi dengan orang lain, termasuk anak anak.
.
Jika kondisi ibu terlalu payah, maka disarankan untuk memerah ASI dan memberikannya ke anak melalui cangkir dan/atau sendok bersih – dan terus melakukan metode pencegahan penularan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
.
Informasi lebih detail bisa dibaca melalui https://www.unicef.org/stories/novel-coronavirus-outbreak-what-parents-should-know


Terdapat pada kategori Artikel pada 02 Mar 2020

Informasi Lainnya

Instagram Live Bersama Teman Lahiran

Mengelola Ayah #dirumahaja

Mengelola Emosi di Rumah

13 Pembicara Seru di HUT ke 13 AIMI Bicara

Jika Ibu Terinfeksi Virus Corona