Jawaban Poll: lebih dari 60 menit.

Luar biasa, ternyata sudah banyak responden yang menjawab dengan tepat, yaitu lebih dari 60 menit (32%). Sebagian masih menganggap 60 menit sudah cukup (31%).

Seperti apakah sebenarnya proses IMD yang benar dan mengapa harus minimal 60 menit?

Proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dilakukan segera setelah bayi lahir, selama minimal 60 menit. Bayi tidak dimandikan, hanya dibersihkan kering keuali bagian tangan dan telapak tangan.

Umumnya pada 30-45 menit pertama, bayi hanya akan diam di dada ibu, yaitu untuk menenangkan dirinya setelah proses kelahiran. Tahapan ini juga memberikan ketenangan bagi sang ibu. Selanjutnya bayi akan bergerak mendekati puting ibu. Dalam prosesnya bayi akan memijat perut dan payudara ibu. Pada akhirnya bayi akan mencapai areola dan puting ibu untuk kemudiam memulai proses menyusu.

Hal yang penting dalam proses IMD adalah terjadinya kontak kulit (skin-to-skin contact) antara bayi dan ibu. Bayi mendapatkan bakteri-bakteri baik dari dada ibu yang bermanfaat bagi pencernaannya yang masih rentan. Selain itu manfaat besar dari kontak kulit ini adalah meningkatkan rasa percaya diri ibu sehingga melancarkan ASI.

Oleh sebab itu, IMD harus dilakukan lebih dari 60 menit agar ibu dan bayi bisa mendapatkan kesempatan kontak kulit yang optimal dan melakukan proses menyusu sesegera mungkin pada saat refleks menghisap bayi muncul.


Ulasan ini telah dibaca [CPD_READS_THIS] kali


Terdapat pada kategori Jajak pendapat pada 01 May 2010