Penulis: Miranda Virdi, Konselor Menyusui dan Penanggung Jawab Belanja AIMI


Terima kasih bagi peserta polling kali ini. Hampir semua memilih jawaban yang tepat! Wadah ASIP yang akan dikonsumsi bayi setelah keluar dari kulkas sebaiknya dialiri/rendam dengan air hangat.

Pencairan

ASIP beku sebaiknya dicairkan terlebih dahulu di dalam kulkas selama 12 jam, letakkan wadah di kulkas (chiller/refrigerator) pada malam sebelum ASIP dibutuhkan. Hindari membiarkan wadah pada suhu kamar untuk mencairkan ASIP. Jika diperlukan cara pencairan yang lebih cepat, ASIP dapat dicairkan dengan cara dialiri atau direndam dengan air. Pegang wadah ASIP di bawah aliran air dengan suhu ruang dan tingkatkan temperatur air secara bertahap hingga ASIP mencair. Atau letakkan wadah ASIP di dalam mangkuk berisi air pada suhu ruang lalu ganti air rendaman beberapa kali dengan air yang lebih hangat hingga ASIP mencair. Perubahan suhu yang bertahap berguna untuk menjaga kandungan ASIP. ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali namun dapat disimpan di dalam kulkas selama 24 jam.

Penghangatan

Cara pencairan dan penghangatan yang lebih cepat dapat dilakukan dengan menggunakan bottle warmer. Jika menggunakan alat ini perhatikan cara kerjanya, pastikan perubahan suhu terjadi secara bertahap dan alat benar-benar telah diuji kepada ASIP. Setelah ASIP hangat, segera keluarkan dari warmer dan jangan dibiarkan untuk dihangatkan terus menerus.

ASI tidak boleh dipanaskan dengan microwave atau dipanaskan di atas kompor (direbus). Kedua cara pemanasan ini selain mengubah kandungan ASI juga dapat menimbulkan bintik panas di dalam ASI yang dapat menimbulkan luka bakar pada mulut dan kerongkongan bayi.

Tidak ada keharusan untuk menghangatkan ASIP, biasanya hal ini dipengaruhi oleh kebiasan dalam suatu keluarga. Bayi juga akan menunjukkan kesukaannya sendiri terhadap suhu ASI hangat atau dingin. Penelitian menunjukkan bahwa temperatur ASIP yang diberikan tidak mempengaruhi pengosongan lambung bayi.

Utamakan keselamatan bayi dan anak, selalu lakukan pencairan dan penghangatan ASIP di bawah pengawasan orang dewasa dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Sumber:

 


Terdapat pada kategori Jajak pendapat pada 10 Sep 2011

Informasi Lainnya

Workshop Ustaz dan Ustazah AIMI di Palu

Slide Kalender 2019 Kalbar

Newsletter Form

Jakarta-TBWA The Eatery Project

Jogja: Kelas EdukASI Menyusui 2