Waw, bangga rasanya melihat jawaban dari polling bulan ini, lebih dari 90% menjawab dengan benar. JEMPOL!!

Memang benar, jika posisi dan pelekatan kurang tepat, menyusui bisa menjadi kegiatan yang cukup menyiksa dan menakutkan karena puting kita terasa sakit ketika menyusui. Jika posisi dan pelekatan sudah tepat, maka proses menyusui pada umumnya akan berjalan dengan nyaman dan lancar.

Mengingatkan kembali tentang ulasan polling di bulan Januari, ada beberapa prinsip yang perlu dipenuhi berkaitan dengan posisi dan pelekatan pada saat menyusui, antara lain :

  1. Badan dan telinga bayi terletak pada satu garis lurus (badan bayi menghadap ke badan ibu)
  2. Bayi yang menghampiri payudara (bukan payudara yang menghampiri bayi)
  3. Prinsip CALM untuk pelekatan:

Posisi dan pelekatan yang kurang baik bisa menyebabkan puting menjadi lecet dan luka, dan pengosongan payudara jadi kurang optimal.

Bentuk puting dan ukuran payudara tidak mempengaruhi jumlah ASI yang bisa diproduksi seseorang dan bukan menjadi penyebab proses menyusui jadi menyakitkan. Jika posisi dan pelekatan menyusui sudah tepat, maka bayi akan dapat mengeluarkan ASI secara optimal dari payudara, sehingga produksi ASI ibu juga akan terstimulasi dengan baik.

Kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya dalam poling ini, sampai bertemu di ulasan poling berikutnya.. Salam ASI!!


Terdapat pada kategori Jajak pendapat pada 01 Apr 2011