Penulis: Miranda Virdi, Konselor Menyusui dan Penanggung Jawab Belanja AIMI


Walau jawaban polling kali ini agak tricky ternyata cukup banyak juga peserta yang memilih jawaban dengan tepat, yakni ASI yang baru diperah sebaiknya segera dimasukkan ke kulkas bawah. Selamat ya!! Dan terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi ☺.

Sebenarnya tiga pilihan lain di atas juga tidak sepenuhnya keliru karena penanganan ASI perah (ASIP) disesuaikan dengan kebutuhan/manajemen ASIP yang dijalani. Prinsip-prinsipnya antara lain: menyimpan ASIP dalam suhu dingin dapat meningkatkan daya tahannya; perubahan suhu diusahakan tidak drastis; dan semakin sebentar waktu penyimpanan ASIP maka akan semakin baik kualitasnya.

Menyimpan ASIP di freezer dilakukan jika Ibu perlu menyimpan ASIP untuk jangka waktu lebih dari 8 hari, dimana penyimpanan disarankan menggunakan freezer dengan suhu <-15°C, setelah mendinginkan ASIP terlebih dahulu dalam kulkas bawah. Jika Ibu akan menggabung ASIP dari beberapa kali pemerahan maka sebaiknya ASIP didiamkan sebentar (tidak lebih dari 4 jam) pada suhu ruang (25°C) sebelum dimasukkan ke kulkas. Tabel daya simpan ASIP dapat dilihat disini.

Berikut cara menambahkan/menggabungkan ASIP segar yang baru diperah dengan ASIP dingin di kulkas. ASIP yang lebih baru perlu didinginkan terlebih dahulu di kulkas (bukan freezer), dalam wadah terpisah dengan ASIP yang pertama. Setelah suhu ASIP pada kedua wadah sama dingin, maka ASIP dari jadwal perah yang berbeda tersebut dapat digabungkan. Jarak perah tidak lebih dari 24 jam serta daya simpan ASIP yang berlaku berdasarkan tanggal dan waktu perah ASIP yang pertama. Jangan menggabungkan ASIP yang sudah beku dengan ASIP cair ataupun hangat.

Disarankan untuk menyimpan ASIP dalam wadah 25-100 ml dan mengambil ASIP dari wadah seperlunya saja. Selain ASIP dapat lebih cepat dicairkan dan atau dihangatkan, ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali namun dapat disimpan di dalam kulkas selama 24 jam. Sedangkan ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan kembali.

Sumber:


Terdapat pada kategori Jajak pendapat pada 23 Aug 2011

Informasi Lainnya

Kelas Menyusui Juli 2019 AIMI Pusat Jakarta

Pusat: Kelas Menyusui

Siaran Pers: HUT Ke-12 AIMI

Selusin Bersama AIMI

Impact Analytics AIMI Pusat - April 2019