Jawaban: BAK kurang dari 6 kali

Hebaat! Ternyata voters sudah banyak mengetahui kalau tanda-tanda bayi kurang minum ASI adalah BAK kurang dari 6 kali (46%, 61 org).

Secara umum, bayi ASI eksklusif harus ada 1 kali popok basah di hari pertama dlm hidupnya, dan jumlah itu akan terus bertambah. Bayi yang berusia seminggu atau lebih dengan BAK (buang air kecil) 6 kali tapi sedikit atau tidak basah sama sekali dalam 24 jam, kemungkinan besar tidak mendapatkan cukup ASI atau tidak menyusu dengan baik (misalnya disebabkan pelekatan dan posisi menyusu yang tidak tepat).

Bayi rewel, tidak bisa dijadikan patokan kalau bayi kurang mendapatkan ASI, karena bayi akan menangis apabila ia merasa ada hal yg tidak sesuai dengannya (tidak selalu berarti ia ingin menyusu atau lapar).

Begitu pun bayi kurang montok, tidak bisa dijadikan ukuran kalau bayi kurang mendapatkan ASI. Menilai pertumbuhan bayi harus dilakukan dengan memantau berat badan, panjang/tinggi badan serta lingkar kepala. Tidak disarankan hanya menilai dari penampilan bayi saja.


Ulasan polling ini telah dibaca sebanyak [CPD_READS_THIS] kali.


Terdapat pada kategori Jajak pendapat pada 04 Jun 2010