Menjelang Peringatan Pekan ASI Sedunia 2008

JAKARTA, 4/6/08 -- Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), sebuah kelompok yang beranggotakan ibu-ibu yang aktif memberikan dukungan untuk sosialiasi manfaat ASI bagi bayi, kembali menggelar acara bertajuk AIMI Breastfeeding Fair 2008 di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan.

Acara yang berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 4-9 Juni 2008 ini menampilkan rangkaian talkshow mengenai masalah ASI dan MPASI (Makanan Pendamping ASI) Berkualitas untuk bayi dan anak. AIMI menghadirkan beberapa narasumber yang cukup dikenal dalam dunia perASI-an di Indonesia, antara lain dr. Utami Roesli, SpA., MBA., IBCLC yang juga ketua Sentra Laktasi Indonesia (Selasi), dr. Dien Sanyoto Besar, SpA., IBCLC, dr. Nurwansyah SpOG, Terapis penyembuhan holistik Reza Gunawan dan tak ketinggalan artis-artis yang ProASI seperti Moza Pramitha, Cut Tari, Oppie Andaresta, Dewi Rezer dan Marcelino Lefrandt.

Wakil Ketua AIMI, Nia Umar, mengatakan acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang digelar oleh AIMI menjelang Peringatan Pekan ASI Sedunia 2008 yang akan berlangsung Agustus mendatang. “Sebelumnya kami telah mengadakan acara sharing&caring mengenai MPASI pada April lalu dan ini merupakan kegiatan kedua dalam rangka menyambut Pekan ASI Sedunia,” katanya di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, melalui berbagai kegiatan ini AIMI ingin lebih menyosialisasikan bahwa ASI adalah hak bayi yang harus diberikan oleh orangtuanya, dalam hal ini, ibu. Sebuah kenyataan yang menyedihkan, ketika banyak masalah ditemui oleh seorang ibu ketika berniat untuk memberikan ASI Eksklusif 6 bulan kepada anaknya. “Problem yang dihadapi ibu sangat kompleks, mulai dari pemahaman mengenai ASI yang kurang, tidak ada dukungan dari keluarga dan lingkungan serta pengaruh dari lingkungan yang lebih luas, diantaranya gencarnya iklan susu formula,” jelas Nia.

Melalui acara AIMI Breastfeeding Fair 2008 ini, AIMI ingin lebih banyak orang yang mengetahui dan memahami seluk-beluk masalah perASIan. “Acara ini tidak hanya perlu untuk ibu saja, tetapi untuk seluruh anggota keluarga, termasuk ayah dan orangtua/mertua dan untuk datang ke acara ini tidak dipungut biaya.”

Dia menambahkan, selama ini sharing dari member milis asiforbaby, sebuah milis yang difokuskan untus berdiskusi mengenai masalah ASI yang diasuh oleh AIMI, menunjukkan masih kurangnya dukungan lingkungan yang lebih luas, seperti perusahaan/perkantoran bahkan tenaga kesehatan dan rumah sakit kepada ibu yang mengalami kesulitan untuk menyusui bayinya.

AIMI Breastfeeding Fair 2008 ini merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh AIMI kepada ibu-ibu yang ingin menyusui bayinya, tetapi belum cukup informasi mengenai menyusui dan kiat-kiatnya. “Pada dasarnya acara ini juga salah satu bentuk dari mother support yang merupakan tema utama Peringatan Pekan ASI Sedunia tahun ini.”

Selain rangkaian talkshow, AIMI Breastfeeding Fair 2008 juga menggela bazaar yang menyediakan aneka kebutuhan ibu menyusui. “Menyusui juga ada “gadget”nya.” Saat ini berbagai perlengkapan ibu menyusui yang trendy dan fashionable telah tersedia. Jadi pendapat yang mengatakan menyusui itu kuno menjadi tidak relevan lagi. Bahkan, kini menyusui sudh menjadi bagian dari gaya hidup.”

Tema Pekan ASI Sedunia 2008

Pekan ASI Sedunia tahun ini mengangkat tema “Mother Support : Going for The Gold”. Tema ini diangkat oleh Dewan World Breastfeeding Week karena Pekan ASI Dunia tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan Olimpiade dan dengan semangat olimpiade itu, bagi seorang ibu untuk bisa mendapatkan 'medali emas'nya dalam menyusui perlu dukungan banyak pihak.

AIMI salah satunya hadir memberikan dukungn tersebut dalam serangkaian acara yang sudah mulai digelar dari awal tahun ini mulai dari sharing&caring sampai pertemuan AIMI di beberapa daerah seperti: Surabaya, Bogor, Semarang, Jogja, Tangerang, Depok dan Bandung.***

Contact Person AIMI: Nia Umar, Wakil Ketua
nia[at]aimi-asi.org
HP: 0815 9003357

Yuyuk Andriati, Divisi Komunikasi yeye[at]aimi-asi.org HP : 0811 971509

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Graha MDS Lt.3 Pusat Niaga Mas Fatmawati Blok B1/34 Jln. RS Fatmawati No. 39 Jakarta Telpon : 021-72790165 Fax: 021-72790166

www.aimi-asi.org


Terdapat pada kategori Berita pada 04 Jun 2008

Informasi Lainnya

Dr Phillip Baker

Jack Newman

Bahag14 Menyusui