AIMI Breastfeeding Fair 2009JAKARTA (31/7) ‐‐ Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyelenggarakan Seminar ASI paling Spektakuler tahun ini dengan tema "Serba Serbi Bayi ASI" yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 8 Agustus 2009. Acara ini merupakan acara puncak dalam rangka perayaan Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) yang selalu jatuh pada bulan Agustus 2009.

Seminar ASI ini diselenggarakan di The Occasion, The Dharmawangsa Square lantai 3, 8 Agustus 2009 pukul 08.00 ‐ 13.00, dan akan dibawakan langsung oleh Dr. Jack Newman, FRCPC ahli Laktasi internasional dari Kanada. Dr. Jack Newman adalah dokter spesialisasi Anak yang telah mendedikasikan karyanya pada dunia laktasi, untuk membantu ibu dan bayi sukses menyusui sejak tahun 1984, dengan memprakarsai terbentuknya Klinik Laktasi pertama di Kanada. Kepeduliannya pada dunia anak terlebih pada dunia Laktasi telah membawanya berkeliling dunia dalam berkarya, antara lain di New Zealand, Gabon dan Afrika Selatan. Selain itu, beliau juga merupakan konsultan ahli UNICEF untuk inisiatif "rumah sakit sayang bayi" (baby friendly hospital).

Kedatangannya ke Indonesia tahun ini selain memenuhi undangan AIMI, adalah untukmembagikan pengalamannya di dunia menyusui kepada seluruh Ibu/praktisi kesehatan/pemerhati ASI di Indonesia. Ketua AIMI, Mia Sutanto mengatakan bahwa dedikasi Dr. Jack Newman pada dunia ASI sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga kesempatan untuk bertemu langsung dengannya sangatlah sayang untuk dilewatkan. "Kapan lagi anda bisa datang, mendengarkan, bertanya, berbagi pengalaman dan mendapatkan ilmu langsung dari sumbernya?" tanya Mia.

Selain itu, "Tema Pekan ASI Sedunia tahun 2009 ini adalah "Breastfeeding, A Vital Emergency Reponse: Are You Ready?" yang bisa diartikan sebagai dukungan kepada ibu/praktisi kesehatan untuk mengutamakan pemberian ASI kepada bayi dan baduta (bawah umur dua tahun) pada situasi darurat. Mengingat saat ini banyak sekali salah kaprah penanganan kesehatan bayi pada situasi darurat (misalnya terjadi bencana, dll) dengan memberikan susu formula dan makanan instan yang belum tentu tepat dengan situasi darurat tersebut, mengingat keterbatasan air bersih, peralatan sanitasi dan tempat penyimpanan yang memadai. Alih‐alih terselamatkan, banyak bayi yang akhirnya menderita sakit karena makanan‐makanan ini," tambahnya.

Mengingat sosialisasi manfaat ASI yang masih kurang di Indonesia, AIMI sebagai satu‐satunya organisasi yang beranggotakan ibu‐ibu yang memiliki visi dan misi untuk mendukung ibu‐ibu lainnya agar sukses menyusui, berusaha memanfaatkan moment khusus ini sebaik‐baiknya untuk lebih menyosialisasikan ASI dengan lebih luas.

Selain Seminar ASI bersama Jack Newman, MD, FRCPC, di rangkaian Pekan ASI Sedunia 2009 ini AIMI juga menggelar berbagai acara menarik yang bertempat di The Dharmawangsa Square, mulai tanggal 6 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 10 Agustus 2009, antara lain: Bazaar perlengkapan ibu dan anak, panggung Sharing & Caring (yang berisi sharing para pakar kesehatan seputar ASI, yang dimeriahkan oleh selebriti ibu kota), Pojok Laktasi (kesempatan untuk bertemu Konselor Laktasi AIMI dan the Jakarta Breastfeeding Center untuk berdiskusi segala sesuatu tentang ASI), dan masih banyak acara menarik lainnya. Untuk lebih jelasnya, jadwal Sharing & Caring, serta cara pendaftaran untuk mengikuti seminar ASI dapat dilihat di website AIMI: www.aimi‐asi.org.


Fact Sheet AIMI :
AIMI terbentuk dari kepedulian beberapa ibu mengenai pentingnya pemberian ASI untuk bayi secara eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun atau lebih. Saat ini dukungan untuk ibu yang memberikan ASI kepada bayinya dirasakan kurang, baik itu perhatian dan dukungan dari pemerintah, masyarakat umum dan instansi swasta. Berbagai kegiatan telah dilakukan AIMI untuk menyosialisasikan ASI, antara lain kegiatan regular kelas edukasi AIMI dengan tema seputar ASI dan MP‐ASI Sehat untuk Bayi, AIMI Goes to Office yaitu sosialisasi mengenai ASI yang dilakukan di kantor‐kantor, Pemberian penghargaan kepada perusahaan mendukung pemberian ASI, konsultasi laktasi, dan kegiatan lainnya.


Contact Person AIMI:  Mia Sutanto, Ketua AIMI  mia.sutanto@aimi‐asi.org  (HP: +6281510002584) 

Sisca Baroto‐Utomo, Media Relations  sisca@aimi‐asi.org  (HP: +62818765021) 


Terdapat pada kategori Berita pada 07 Aug 2009

Informasi Lainnya

Dr Phillip Baker

Jack Newman

Bahag14 Menyusui