Kepada Bapak/Ibu Produsen, Pimpinan Toko, UKM Jasa,


Latar Belakang

Masyarakat pada umumnya masih menganggap menyusu sebagai hal alamiah dan tidak perlu dipelajari dan dipersiapkan sehingga banyak ibu dan keluarganya merasa tidak perlu membekali diri dengan informasi tentang menyusui. Banyak penelitian menunjukkan bahwa rendahnya angka menyusui berkaitan erat dengan rendahnya pengetahuan ibu tentang menyusui dan kurangnya dukungan kepada ibu menyusui. Berbagai tantangan menyusui yang dihadapi oleh ibu, bayi, dan keluarganya dapat menjadi faktor yang menggagalkan proses menyusui. Selain itu, masih maraknya promosi produk Pengganti ASI (PASI) seringkali dapat menurunkan rasa percaya diri ibu untuk bisa menyusui hingga 2 (dua) tahun atau lebih.

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Cabang Jogjakarta (AIMI Jogja) sebagai organisasi nirlaba non-pemerintah yang mendukung ibu menyusui terbentuk karena kepedulian akan pentingnya pemberian ASI dan MPASI sesuai rekomendasi Standar Emas Makanan Bayi yang dicanangkan oleh WHO dan UNICEF, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. AIMI Jogja bergerak dengan berbagai bentuk kegiatan yang memberikan edukasi dan pendampingan bagi ibu menyusui dan keluarga agar dapat memberikan asupan sesuai standar emas makanan bayi.


Tujuan

Berdasarkan latar belakang di atas, AIMI Jogja secara rutin telah mengadakan kegiatan edukasi yaitu Kelas EdukASI Menyusui (KE Menyusui) dan Kelas EdukASI MPASI (KE MPASI) sebagai sarana belajar bersama para orangtua akan pentingnya pemberian ASI dan MPASI yang tepat. Kegiatan Kelas EdukASI bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat berbasis ilmiah kepada masyarakat tentang pemberian ASI dan MPASI sehingga ibu dan keluarganya bisa mempersiapkan dengan baik serta memberikan edukasi tentang tentang berbagai macam tantangan pemberian ASI dan MPASI, mitos-mitos yang beredar, dan berbagai macam solusi untuk menghadapi tantangan pemberian ASI dan MPASI tersebut.


Waktu Kegiatan

Hari: Minggu ke-2 atau Minggu ke-3

Waktu: 08.30 - 13.00 WIB


Dari latar belakang dan tujuan tersebut, maka kami mengajak Bapak/Ibu Produsen, Pimpinan Toko, UKM Jasa untuk bekerja sama mendukung kegiatan KE Menyusui dan/atau KE MPASI ini. Adapun yang kami tawarkan:


Paket A: Donasi Rp. 100.000,00 + 1 sampel produk

Atas donasi tersebut kami memberikan kompensasi sebagai berikut:

1. Logo ditampilkan di e-poster publikasi event.

2. Dipromosikan sebanyak 1 (satu) kali di media sosial AIMI Jogja (Fanpage Facebook Belanja AIMI Jogja https://www.facebook.com/belanjaaimijogja/, Grup Facebook AIMI Jogjakarta https://www.facebook.com/groups/AIMI.Jogjakarta/, dan Instagram @aimijogja https://www.instagram.com/aimijogja/) pada H-2 dan di mention akun IG-nya pada setiap kali penayangan e-poster event di IG @aimijogja.

3. Brosur dibagikan kepada peserta kelas.

4. Disebutkan saat pemberian doorprize.


Paket B: Donasi Rp. 250.000,00 + 3 sampel produk

Atas donasi tersebut kami memberikan kompensasi sebagai berikut:

1. Logo ditampilkan di e-poster publikasi event.

2. Dipromosikan sebanyak 3 (tiga) kali di media sosial AIMI Jogja (Fanpage Facebook Belanja AIMI Jogja https://www.facebook.com/belanjaaimijogja/, Grup Facebook AIMI Jogjakarta  https://www.facebook.com/groups/AIMI.Jogjakarta/, dan Instagram @aimijogja https://www.instagram.com/aimijogja/) masing-masing pada H-2 dan di mention akun IG-nya pada setiap kali penayangan e-poster event di IG @aimijogja.

3. Brosur dibagikan kepada peserta kelas.

4. Disebutkan saat pemberian doorprize.


Syarat dan Ketentuan

A. Bersedia untuk tidak menjual, mempromosikan, berafiliasi dengan produk-produk yang dilarang oleh ketentuan organisasi laktasi internasional seperti:

  • susu dan formula (termasuk susu untuk bayi, balita, anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan semacamnya);
  • makanan pendamping ASI (MPASI) pabrikan;
  • botol dot;
  • dot;
  • empeng;
  • vitamin (termasuk berbagai vitamin untuk anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan semacamnya);
  • suplemen (termasuk berbagai macam 'pelancar' ASI seperti teh, suplemen herbal, suplemen kimiawi, dan semacamnya);
  • obat-obatan jenis apapun;
  • breastpump;
  • segala jenis produk yang 1 (satu) induk perusahaan dengan susu formula serta anak perusahaannya.

B. Bersedia tidak menampilkan logo, desain produk, kreasi yang menimbulkan salah pengertian terhadap yang dikampanyekan oleh AIMI (misal menggunakan logo dengan gambar dot, menampilkan bayi yang memakai emping pada desain produk, dan lain-lain).

C. Untuk UKM rental atau persewaan, tidak memberikan layanan rental breastpump dan freezer ASI.

D. Khusus untuk sponsor yang menjual makanan, tidak menjual makanan yang mengandung MSG, bahan pengawet, dan bahan berbahaya lainnya; dan bukan berasal dari katering MPASI bayi/anak.


Sebagai tambahan informasi, Kode Etik selengkapnya dapat dibaca melalui alamat https://aimi-asi.org/layanan/lihat/kode-who-penjamin-pemberian-asi-eksklusif.


Apabila Bapak/Ibu berminat untuk menjadi sponsor dapat menghubungi WA/SMS: 08121575240.


Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.


Terdapat pada kategori Kegiatan, Kelas Edukasi, Jogjakarta pada 05 Mar 2018

Informasi Lainnya

Jogja : Pengumuman Libur Idul Fitri

Dirgahayu ke-6 AIMI Cabang Jogjakarta

Libur Idul Fitri 1439 H

Profil Pengurus: Kadiv Edukasi dan Pelatihan

Profil Pengurus: Bendahara