Hypnobreastfeeding LogoJAKARTA – Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menggelar workshop Hypnobreastfeeding dengan tema “Afirmasi Positif untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI”, dalam rangka perayaan Ulang Tahun ke-2 organisasi ini, di Jakarta, Minggu (19/4).

Workshop yang diikuti sekitar 100 ibu menyusui ini dipandu oleh pakar hypnotherapy, Lanny Kuswandi. Salah satu tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memperkenalkan teknik relaksasi terbaru, sehingga dapat membantu para ibu menyusui untuk memaksimalkan kuantitas dan kualitas ASI-nya.

“AIMI ingin membantu para ibu untuk memastikan agar ibu menyusui bisa terus memberikan ASI, minimal secara eksklusif selama 6 bulan pertama, terutama apabila para ibu menyusui tersebut harus kembali bekerja,” kata Ketua AIMI, Mia Sutanto. Dukungan untuk menyusui di Indonesia dirasakan masih kurang, oleh karena itu para ibu menyusui harus senantiasa berusaha menciptakan kondisi yang positif bagi dirinya untuk terus bisa menyusui.

Hypnobreastfeeding adalah teknik relaksasi untuk membantu kelancaran proses menyusui. Caranya adalah dengan memasukkan kalimat-kalimat afirmasi positif yang membantu proses menyusui disaat si ibu dalam keadaan sangat rileks atau sangat berkonsentrasi pada suatu hal (keadaan hipnosis).

Definisi hipnosis sendiri adalah suatu kondisi nirsadar yang terjadi secara alami, dimana seseorang menjadi mampu menghayati pikiran dan sugesti tertentu untuk mencapai perubahan psikologis, fisik maupun spiritual yang diinginkan. Hipnosis otomatis terjadi kapanpun seseorang menjadi rileks yang dalam dan/atau berkonsentrasi penuh.

Dalam hypnobreastfeeding, perubahan yang diinginkan adalah segala hal yang mempermudah dan memperlancar proses menyusui. Contoh kalimat sugesti atau afirmasinya: “ASI saya cukup untuk bayi saya sesuai dengan kebutuhannya”, “Saya selalu merasa tenang dan rileks disaat mulai memerah”, dan sebagainya.

Ulang Tahun ke-2 AIMI

Memasuki usia dua tahun, AIMI telah melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pemberian ASI bagi bayi. Berbagai kegiatan yang rutin digelar AIMI adalah Kelas Edukasi AIMI dengan pembahasan-pembahasan antara lain Breastfeeding Basics, Breastfeeding for Working Moms, MPASI sehat untuk bayi, selain itu AIMI juga mengadakan kampanye di perkantoran lewat program AIMI Goes to Office, di berbagai komunitas seperti gereja, masjid dan perkumpulan lainnya.

Selama 2 tahun ini AIMI telah menghasilkan sekitar 20 konselor laktasi yang siap memberikan dukungan dan bantuan untuk ibu-ibu yang memerlukan konseling dan dukungan lain seputar menyusui bayinya.

Kegiatan fenomenal yang diadakan AIMI tahun 2008 lalu adalah Menyusui Serentak Ibu Indonesia dalam rangka peringatan Pekan ASI Sedunia. ***

Contact Person AIMI: Mia Sutanto, Ketua
mia.sutanto@aimi-asi.org
HP: 081510002584

Yuyuk Andriati, Divisi Komunikasi yeye@aimi-asi.org HP : 0811 971509

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Graha MDS Lt. 1 Pusat Niaga Mas Fatmawati Blok B1/34 Jln. RS Fatmawati No. 39 Jakarta Telpon : 021-72790165 Fax: 021-72790166 www.aimi-asi.org


Terdapat pada kategori Berita pada 17 Apr 2009