Salah satu keajaiban dari menyusui langsung yang belum banyak dipahami secara luas adalah: menyusui langsung merupakan petunjuk krusial terhadap komposisi ASI.

.

Bila menyusui langsung bagaikan sebuah pohon kehidupan (tree of life). Pohon yang akarnya berada di payudara ibu dan batang serta rantingnya tumbuh subur di dalam tubuh bayi ini menggambarkan ikatan kuat yang terjalin selama ibu menyusui bayinya secara langsung.

.

Maka bayangkan kembali gambar tree of life. Ketika bayi menghisap payudara ibu, diameter puting akan bertambah dan membentuk vacuum (ruang hampa) yang membawa cairan (gabungan ASI dan saliva/air liur) dari mulut bayi ke saluran/duktus payudara. Ini yang sering disebut "baby spit backwash" atau secara ilmiah disebut sebagai “retrograde milk flow”. Nah cairan dari dalam mulut bayi inilah yang menjadi petunjuk terbentuknya komposisi ASI yang diperlukan bayi. Ketika bayi sakit (misal flu) cairan yang ada di mulutnya ini bukan hanya terdiri dari ASI dan liur tapi juga mucus (lendir). Kombinasi ini yang memberikan petunjuk pada payudara untuk menghasilkan antibodi yang bisa membantu bayi lekas sembuh dari sakit. Campuran ASI dan liur bayi juga memunculkan reaksi kimia yang bisa mendorong terbentuknya bakteri baik yang berguna bagi tubuh bayi. Dan ini HANYA terjadi akibat ludah DAN hisapan bayi. Hebat ya sinergi antara tubuh ibu dan tubuh bayi ❤❤❤

.

Menyusui langsung adalah sebuah proses interaksi, proses komunikASI antara tubuh ibu dan bayi. Menyusui menjaga kesehatan bayi. Menyusui LEBIH dari sekedar memberikan ASI.

.

(Produksi Divisi Komunikasi AIMI Pusat. Infografis oleh @pura.chizu. Muse @housniati. Caption oleh @lianita.prawindarti)

.

#HariKesehatanNasional2017

#MenyusuiLebihdariSekedarMemberikanASI

#BreastfeedingistheTreeofLife


Terdapat pada kategori Berita pada 12 Nov 2017

Informasi Lainnya

Jika Ibu Terinfeksi Virus Corona

Manual Untuk Milenial

AIMI Pusat: Kelas Menyusui Februari 2020