Contact Karla Shepard Rubinger, Mary Ann Liebert, Inc. (914) 740-2100 ext. 2153, krubinger@liebertpub.com

Sebuah Bukti Nyata tentang Pentingnya ASI – dari Academy of Breastfeeding Medicine

New Rochelle, NY, June 15, 2006 – Mengusung headline yang cukup provokatif pada harian New York Times (edisi 13 Juni 2006, kolom ilmu pengetahuan) yang berjudul “ASI atau Tidak Sama Sekali”, secara tegas menyatakan bahwa telah terbukti tanpa ASI, bayi Anda akan menderita berbagai penyakit.

Untuk mendukung pernyataan ini, Academy of Breastfeeding Journal dan kumpulan artikel yang sudah dibahas bersama dengan berbagai instansi terkait, yaitu Breastfeeding Medicine memberikan informasi dan bukti-bukti otentik dan terpercaya serta dukungan untuk para tenaga medis untuk membantu ibu-ibu dalam memberikan ASI kepada anak-anaknya. The Academy of Breastfeeding Medicine (ABM) adalah suatu organisasi internasional yang bertujuan untuk mendukung, melindungi, dan mempromosikan pentingnya ASI melalui pendidikan, riset dan advokasi.

“Para ahli medis, tenaga pemerintah, dan masyarakat umum berhak untuk mengetahui betapa pentingnya pemberian ASI dalam kehidupan seorang bayi. Kami dapat memberikan bukti dan informasi untuk mendukung pernyataan ini.” kata Joan Meek, M.D., President dari ABM. Pentingnya pemberian ASI ini akan dibicarakan dalam Konferensi Internasional Tahunan ABM yang ke 11 yang bertema “Berbagai Kontroversi Tentang ASI” di Niagara Falls, New York, tanggal 19-22 September 2006.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pemberian ASI dapat melindungi bayi dari berbagai macam infeksi akut seperti radang telinga, pneumonia, infeksi usus, dan meningitis / radang otak. Zat antibodi yang terkandung dalam ASI dapat menurunkan resiko dan kadar berbagai infeksi tersebut. ASI juga berperan sangat besar dalam memberikan perlindungan dari berbagai infeksi bagi bayi yang lahir prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa ASI memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, juga obesitas, dan beberapa jenis kanker tertentu. ASI juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Bagi sang ibu, ASI dapat menurunkan resiko penyakit kanker rahim, kanker payudara, diabetes tipe II, dan osteoporosis.

Hasil penelitian di atas dan berbagai bukti pendukungnya dibahas dalam jurnal (www.liebertpub.com/bfm ) dan melalui situs (www.bfmed.org ).

Mary Ann Liebert, Inc., adalah sebuah perusahaan media integrasi yang dikenal sering mengeluarkan jurnal-jurnal yang telah dibahas bersama di berbagai instansi terkait, seperti dalam penelitian yang menyangkut ilmu pengetahuan dan biomedis, termasuk diantaranya Breastfeeding Medicine, Journal of Women’s Health, Obesity Management, and Disease Management. Majalah bioteknologinya, Genetic Engineering News (GEN), adalah majalah pertama dalam industri sejenis yang paling banyak dibaca orang di seluruh dunia. Daftar lengkap tentang 60 jurnal, buku dan newsletter dapat dilihat di www.liebertpub.com .

Mary Ann Liebert, Inc. 140 Huguenot St., New Rochelle, NY 10801-5215 www.liebertpub.com Phone: (914) 740-2100 (800) M-LIEBERT Fax: (914) 740-2101

Artikel ini boleh diambil dan disebarluaskan tanpa persetujuan terlebih dahulu dari AIMI, dengan syarat bahwa TIDAK digunakan dalam rangka pelanggaran Kode Etik WHO mengenai makanan-makanan pengganti ASI.


Terdapat pada kategori Berita pada 09 Oct 2007