Apa Yang Dimaksud Dengan ASI Eksklusif? Jawabannya Ada Di Kelas kASIh Ibu

Hari Rabu, 8 Juni 2011, pukul 15.30 bertempat di Ruang kASIh ibu lantai 5, RSIA Kemang Medical Care, kelompok pendukung ASI yang bernama kASIh ibu kembali bertemu untuk membahas tema minggu kedua bulan Juni yakni ASI Eksklusif.

Seperti biasa diskusi dibuka dengan perkenalan yang dimulai oleh fasilitator dari AIMI, Ibu Farahdibha Tenrilemba yang akrab di sapa mba Diba. Pembahasan diawali dengan diskusi mengenai apa yang dimaksud dengan ASI Eksklusif. Masing-masing peserta mengemukakan opini mereka masing-masing. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja selama enam bulan pertama tanpa minuman atau makanan tambahan lain. Setelah 6 bulan, pemberian ASI dengan makanan pendamping ASI, lalu ASI dilanjutkan sampai dengan dua tahun atau lebih.

Selama ini ternyata beberapa ibu berpendapat air putih sah-sah saja diberikan kepada bayi dibawah enam bulan, bahkan sebuah kultur dalam upacara memperingati usia beberapa bulan bayi mereka melaksanakan ritual mengoleskan air kurma pada bibir bayi. Meskipun air dan air kurma tersebut hanya diberikan dalam jumlah sedikit, namun selain karena pencernaan dan fungsi hati bayi di bawah enam bulan belum sempurna, pemberian zat tambahan tersebut menjadi salah satu faktor yang mematahkan anggapan seorang bayi dibawah enam bulan mendapatkan ASI Eksklusif. Dalam 6 bulan pertama kehidupan seorang bayi, ASI sudah mencukupi seluruh nutrisi dan zat penting yang
mereka butuhkan.

Sharing pengalaman terus berlanjut, salah seorang ibu yang hamil bayi kembar dengan proses bayi tabung khawatir ASI tidak keluar setelah melahirkan dan tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi kembarnya karena mitos bayi laki-laki menyusu lebih lahap. Semua jawaban kembali pada keyakinan bahwa Sang Pencipta menciptakan ASI dengan komposisi yang berubah menyesuaikan dengan kebutuhan bayi dan dalam jumlah yang mencukupi . Beberapa ibu memberikan semangat dengan membagikan pengalaman dan resep sukses menyusui mereka. Kunci sukses menyusui sebenarnya sederhana, yakni ibu memiliki rasa percaya diri, menghindari stres, berpikir positif dan bahagia. Kegiatan sesering mungkin untuk memerah dan menyusui bayi merupakan jurus ampuh meningkatkan produksi ASI. Apalagi dengan dukungan suami tercinta dan teman-teman seperti di kelas kASIh ibu akan membuat para (calon) ibu untuk termotivasi dan mendapatkan dukungan agar selama menyusui mendapatkan dukungan positip dari lingkungan sekitar.

Hari semakin sore, diskusi berlanjut dengan obrolan ringan ditemani secangkir teh hangat dan cemilan, tak terasa waktu sudah melewati jam kelas yang ditentukan. Sampai bertemu di kelas kASIh Ibu dua minggu kedepan dengan tema Posisi dan Pelekatan

Promo kelas kASIh ibu

Selama bulan Juni – Agustus, registrasi Rp.100.000,- berlaku untuk dua orang. Jadi jangan ragu untuk mengajak teman, sahabat bahkan suami untuk ikut serta.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: (021) 2754 5454 ext: 5190/1200


Gallery kASIh Ibu Perdana

×

Halo!

Ada yang bisa kami bantu?

× Ada yang bisa kami bantu?