img 021-72787243
kontak@aimi-asi.org
img Graha MDS, Duta Mas Fatmawati, Jl. Fatmawati No. 39, Jakarta Selatan 12150
  • Follow us:
24th Aug

2008

Tips Menyusui Ketika Puasa

ASI Lancar, Puasa pun Tak Lewat

Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”.

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

  1. Asupan menu dengan gizi seimbang
  2. Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

  3. Perbanyak konsumsi cairan, mulai dari berbuka hingga sahur
  4. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

  5. Istirahat yang cukup
  6. Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI.

Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan dan salam ASI!

Share This :

Comments

Fizi

2011-08-01 14:07:46 Reply

bener2 mau puasa tp hari ini anakku baru aja genap 5 bulan, td udh sahur n akhirnya buka jam 11 karena takut pas pulang kantor dede mau mimi malah ga ada susunya,…insyaallah akan dibayar walaupun tahun kmrn blm bayar krna masih dalam hamil dan menyusui. moga ini jg salah satu pahala krena baby ku nomor satu,….

bunda khaira

2011-08-01 20:42:35 Reply

baby ku 3bln 10 hari, aq belum bs berpuasa hr ini. krn d hari biasa kalo aq minumnya berkurang maka asiku semakin sedikit…

    mia sutanto

    2011-08-02 09:28:13 Reply

    hai bunda khaira,

    memang berpuasa bagi ibu menyusui sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan dirinya, terutama jika bayi masih dalam masa ASI eksklusif mungkin justru lebih baik dipertimbangkan untuk tidak berpuasa mengingat satu2nya sumber nutrisi dan kalori bayi adalah dari air susu ibunya. Itulah indahnya agama Islam, tidak pernah memberatkan umatnya, dan jangan lupa…menyusui juga ibadah loh…!! Salam ASI! :)

bunda RaDYa

2011-08-02 11:03:30 Reply

pengen banget puasa..(mpe detik inipun masih puasa), tapi babyq akhtar lagi sakit flu … pengenx berikan yang terbaik. Kira2 gimana ya?

farida

2011-08-02 15:42:04 Reply

Alhamdulillah n Bismillah semoga dengan tips di atas q bisa tetap menjalanankan ibadah puasa sekaligus tetap memberikan ASI pada baby q. Trimakasih atas tips nya ya…

lola

2011-08-03 10:34:41 Reply

alhamdulillah…. atas tips nya. semoga menjadi amal ibadah bagi ibu yang melaksanakannya.

imelda

2011-08-05 13:37:52 Reply

Alhamdullilah terima kasih tips-nya. Jd lebih semangat. baru nngejalain puasa mau 2 hari selama menyusui. Anakku br 2 bln…Kadang masih khawatir cukup ga ya gizinya…
Semangat

mumtaz

2011-08-06 11:56:44 Reply

alhamdulillah ada info sebagus ini…jd tambah semangat puasanya…padahal babyku baru 2 bulan…aq mutusin untuk tetap puasa…semangat!!!!!!!!Bismillah…dan alhamdulillah…si kecil ga ada masalah…tp memang aq harus banyak2 makan, sesuai dengan anjuran di artikel ini…3x lho…sempet eneg sih makan terus…tp bayangin aja wajah si kecil waktu makan…jd semangat lagi makannya meskipun dah eneg…hehe

ummi faruq

2011-08-07 08:23:05 Reply

alhamdulillah..tetep fit menyusui dan puasa. motivasi bhw ‘we (me&my baby) can’..benar-bebar kerasa, tentunya jg asupan tetep d jaga :-)

zenit

2011-08-07 09:25:06 Reply

alhamdulillah nemu artikel ini ketika sedang gundah gulana menyusui sambil puasa… jadi memotivasi untuk minum sebanyak banyaknya & menjaga asupan gizi yang masuk :) thanks aimi

Nutricia Octaviana

2011-08-14 19:41:04 Reply

sipp

rahma

2011-08-20 08:03:52 Reply

saya memiliki bayi usia 8 bulan dan masih menyusui tanpa disambung susu formula,ttg fidyah/kafarat hingga saat ini saya masih bingung,kalo baca artikel ini ibu menyusui hanya membayar tanpa mengqodlo puasa,padahal dalam kitab fathul qorib bab puasa jelas dikatakan ibu hamil dan menyusui diberi keringanan tdk berpuasa,dan wajib mengqodlo puasa dilain hari serta wajib membayar kafarat.

Arlia

2012-05-22 14:34:35 Reply

setahu saya ini bumil dan busui yang meninggalkan puasa karena tumbang anaknya boleh membayar fidyah tanpa mengganti puasanya, tetapi bagi yang haid atau bukan karena anaknya wajib mengganti pada hari lain

Mimi Bagas

2012-07-10 22:56:06 Reply

Alhamdulillah artikel ini sgt brmanfaat,namun utk urusan atau pendapat yg brhubungan dgn agama,alangkah baiknya apabila referensi dr penulis disertakan, agar kita mengetahui dgn jelas sanad dalil yg digunakan. Seperti bunda rahma yg dpt memberikan dasar pendapatnya (kitab fathul qorib). Mhn penulis dpt melengkapi,krn tulisan ini diadopsi jg oleh bbrp blog lain. Mhn pencerahan dan penjelasannya shg kami tdk mnjd umat yg sesat dan taklit..

yonita kustiani

2012-07-22 14:54:04 Reply

saya memiliki bayi berumur 3 bulan, bagaimana merubah pola makan pada saat berpuasa.pada pagi hari dia masih bisa menikmati asi yang saya berikan tetapi pada saat menjelang waktu pukul 3 sore apabila sudah disusui seperti mau muntah.makanan apa saja yang wajib dimakan oleh ibuyang sedang menyusui?

winda

2012-07-23 12:25:15 Reply

Artikelnya TOP dan bs menjawab keraguan sy.. Mksh.. :). Tetep smngt NGASI dan merah…

Atiek bundanya Hiro

2013-06-09 21:48:31 Reply

Bulan depan usia Hiro 3 bulan, pas masuk kerja dan Ramadhan juga.Anak pertama dan sedang semagat2nya ngASI. Insya Allah semangat tetap ASIX dan kuat puasa.Tapi kalau emang tidak kuat, ya memilih tidak puasa.Allah tahu yang terbaik ;)

ummu atta

2013-07-06 13:05:59 Reply

Islam tidak memberatkan umatnya dalam beribadah, tapi jangan menggampangkan ibadah.ayo ibu2, jangan terlalu PD dulu kalau ibu2 tidak kuat, asinya berkurang, ato takut bayinya sakit.ibu2 tidak akan pernah tahu sebelum mencoba.jadi cobalah dulu utk berpuasa.sehari kuat,tambahlah sehari lagi, 3 hari tidak kuat,berbukalah.besoknya coba puasa lg,sehari kuat, tambah lg dst

evi

2013-07-10 08:46:33 Reply

Bismillahirrarhmanirrohim…. hr ini anak sy berusia 47 hari. Insyallah sy niatkan berpuasa sebulan penuh, sy sudah mempersiapkan dg stok asi perah dikulkas. Moga dd ibad tetep tdk terkurangi asinya…. semangat !

marlina

2013-07-10 13:04:49 Reply

kalo begitu puasa sambil menyusi bisa ya??? saya ragu ada yang bilang kalo lagi puasa menyusui anaknya malah batal, atau lagi punya wudhu menyusui anaknya pun wudhunya batal apa bener?? ada hadisnya gak sih??

Sari Bunda Kemal

2013-07-10 23:21:59 Reply

‎​الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ Hαŗi ini nyoba puasa lulus, wlpn agak takut2 buat mompa ASi tuk Kemal (4 bln tgl 16 Juli) secara ªǪ program ASIX, tp hbs buka puasa td mompa lsg lemes bgt..smoga ttp SeMaNgAd..!! (ง’̀⌣’́)ง Puasa ŋ mompa wlpn kerja ŋ terpisah jarak ŋ tempat ( luar kota) sm Kemal..artikel nya bgs buat ref mknn yg wajib ∂ί konsumsi wl hrs puasa ŋ ASI..smoga bunda2 yg lain ttp SeMaNgAd..!! (ง’̀⌣’́)ง ya ASI ŋ puasa nya

Leave a Comment

Your email address will not be published.