img 021-72787243
kontak@aimi-asi.org
img Graha MDS, Duta Mas Fatmawati, Jl. Fatmawati No. 39, Jakarta Selatan 12150
  • Follow us:
24th Aug

2008

Tips Menyusui Ketika Puasa

ASI Lancar, Puasa pun Tak Lewat

Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”.

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

  1. Asupan menu dengan gizi seimbang
  2. Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

  3. Perbanyak konsumsi cairan, mulai dari berbuka hingga sahur
  4. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

  5. Istirahat yang cukup
  6. Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI.

Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan dan salam ASI!

Share This :

Comments

mei

2013-07-11 08:59:22 Reply

tgl 25 ini aqila sdh 6 bln. insyaallah klo dr sy bisa aja puasa sebulan penuh n sy hrp aqila juga… tp da yg ingin sy tanyakan klo sudah di atas jam 3 benar kah rasa
ASI akan masam… sebab sy d larang sama neneknya klo menyusui di atas jam 3 nanti diare katanya.. padahal aqila mau aja ko menyusu di atas jam 3…

bunda rizky

2013-07-11 20:24:26 Reply

Anak sy skrg 9 bln produksi asi sy mkn lama berkurang karena nafsu mkn berkurang,sedangkan anakkku ga mau nyusu formula sy tidak puasa sy khawatir apalagi kemarin rizky demam ,Allah maha tau yg terbaik bagi umat nya,mdh2 an Allah memaklumi nya.

naura

2013-07-12 10:56:30 Reply

Aq sich pingin bgt puasa tapi babyku baru 5 bulan dan orang-orangdi sekitar suka coment dia tampak lebih kurus … jadi putusin untuk tidak puasa insyaallah nanti aq bayar di hari lain atau setelah sudah tidak menyusui lagi …..salam hangat mama naura

mama lina

2013-07-14 02:47:05 Reply

Baby ku baru 2 bln tp alhamd meski brpuasa asi tetap lncr

tini

2013-07-14 16:57:29 Reply

aku punya baby 3bulan…inssyaallah baby ku tdk bermasalah,asi tetap tidsk berkurang,,,,produksi asi tetap banyak

Bunda Zafran

2013-07-15 05:25:07 Reply

Alhamdulillah saya berpuasa dan ASi ttp lancar sampai dengan hari ini,my beby boy umur 2,5bulan tetap menyusu seperti biasa…
Para ibu,,,ayo semangat utk ASIX..

klo q asi tdk berkurang masih lancar cuman y itu klo baby q lagi nete,,,q lgsung lemes...knpa tu y..

2013-07-15 11:25:53 Reply

mama izza

CACA

2013-07-15 17:16:07 Reply

AQ PUNYA BAYI 3BLN,AQ SICH PENGEN PUASA TP NGAK BS KRN KLO 2JAM AJA NGAK MAKAN AQ SERING PUSING DAN MAU PINGSAN

ummi fathin

2013-07-20 11:47:40 Reply

Bayi sy 3bln,slama puasa asi jd lbh encer tp sy pgn tetep puasa,,aimi bs bantu saya??

nisa octo

2013-07-21 12:21:37 Reply

Usia daffa 5bln stengah saat ini dan saya msh berpuasa. Tetapi skrg sya ada sdkit msalah krn sya bkerja dan stok asi sya brkurang krn stiap harinya selisih antara asi yg sya perah dgn asi yg ank sya konsumsi.. skrg sya sdg bingung apakah terus melanjutkan berpuasa atw tdk…mhon infonya. Tks

bunda tania

2013-07-21 22:02:16 Reply

walaupun anak sy tlh berusia 9 bln..namun u puasa sy lihat sikon baby ja.jd kadang sy d seling u tdk puasa…dosa g y??

Momy Fahri

2013-07-22 11:15:42 Reply

Sya tetap berpuasa, Fahri usia 6m, sdh di ksh MPASI 2x sehari. Tapi.. Fahri skrng bapil. Hem.. Apa krn kualitas ASI menurun ya. Pagi, siang, sore, fahri selalu ASI. Tapi.. Kata’a jika ibu berpuasa, ASI jd hambar.

Bunda Fay

2013-07-22 17:52:18 Reply

Alhamdulillah,, baby fay ngertiin umiinyaa lg puasaa walau kadang suka rewel

wawa

2013-07-24 05:58:43 Reply

alhamdulillah Alief baru 3bln,tpi udah bisa diajak krj sama untuk puasa..love u baby..

ummu aahill

2013-07-27 00:43:03 Reply

alhamdulillah baby aahill bisa diajak berpuasa menginjak usianya yg baru 4 bulan mau 5. saya asi eks dan alhamdulillah tetap lancar. hanya saja, bb baby-ku untuk bulan ini tdk tambah, apakah berpuasa mempengaruhi ya bunda admin? adakah tips untuk saya? terimakasih.

Tommy SN

2013-07-30 10:54:44 Reply

Artikelnya sangat membantu, thanks.

witari

2014-05-01 18:14:10 Reply

bib, kalo udah wudhu truz menyusi dede dlu sblm sholat btal ga si ??
tlg pnjelasanya

Leave a Comment

Your email address will not be published.